Author: Elinus Waruwu
•Senin, Agustus 24, 2009
“Saya terus terang tidak pernah bermimpi menjadi Wakil Walikota, tetapi ketika saya melihat fotoku itu... Wah...saya terkejut. Kami anggota Pramuka yang selama ini mendapat seleksi ketat sebagai Calon Anggota Paskibra Barisan-45, oleh Kakak Pembina membawa kami selama kurang lebih, waktu setengah hari mengunjungi langsung gedung DPRD Kota Sibolga. Kami mensimulasikan bagaimana cara mempraktekkan kepemimpinan daerah.“

Pernyataan itu diungkapkan Evelyn Elinawati Waruwu yang berkedudukan sebagai Wakil Walikota pada hari Sabtu, 18 Juli 2009. Sekitar satu jam mereka simulasi di kantor DPRD Kota Sibolga. Evelyn yang masih duduk di bangku sekolah kelas XI SMU Katolik Sibolga merasa gembira diberi kesempatan bagi seluruh rekan-rekannya Anggota Pramuka Kota Sibolga. Menurutnya, tidak semua anggota Pramuka bisa duduk di kursi terhormat seperti simulasi yang telah mereka lakukan. Mereka banyak belajar dan diajari bagaimana cara bertata bahasa, cara memutuskan hasil musyawarah, cara penyampaian pandangan umum, dan berbagai cara-cara lainnya. Perasaan pernah duduk di kursi terhormat itu bagi mereka adalah bagian dari perjalanan hidup yang tidak pernah disangka-sangka, dan tidak pernah akan terulang lagi.

Bisa dibayangkan, gedung DPRD itu tidaklah sembarang orang bisa masuk atau duduk di sana. Artinya, tiket memasuki gedung itu tidak bisa dibeli. Namun, mereka anggota Pramuka Kota Sibolga yang selama ini dibina dan diseleksi ketat berbulan-bulan, mendapat kesempatan terindah dalam pembinaan pramuka. Mereka juga belajar mempraktekkan bagaimana menjadi Pimpinan Daerah sebagai Walikota, Wakil Walikota, Ketua DPRD, dan Pimpinan SKPD lainnya. Ada acara penyampaian pandangan umum, pandangan Ketua-ketua Fraksi, dan lain sebagainya.
Anggota Paskibra Barisan -45 Kota Sibolga telah banyak belajar dari pengalaman yang diberikan oleh Kakak Pembina. Banyak hal telah mendewasakan para pelajar, bukan hanya latihan baris-berbaris tetapi sungguh-sungguh dibekali berbagai pengetahuan berguna selaku generasi muda Kota Sibolga.

Evelyn sendiri termasuk yang beruntung bisa terpilih sebagai Anggota Paskibra Barisan – 45. Dan dia pernah mensimulasikan cara penzampaian pandangan umum selaku Wakil Walikota, dia menutup pembicaraan dengan berkomentar, “Saya kira semangat juang para saudara-i anggota Paskibra Kota Sibolga telah banyak tumbuh dan berkembang. Saya sendiri sangat merasakan hal itu lewat kegiatan pembinaan-pembinaan oleh Kakak Pembina. Kami dituntut mandiri, dididik, diajari sehingga mampu melakukan hal-hal yang seyogianya belum bisa. Saya bisa melakukan tugas sebagai Wakil Walikota bukan karena saya hebat, namun saya telah dididik dan diajari sehingga tugas selama kurang lebih satu jam itu, pada akhirnya saya mampu dan bisa menzampaikan pandangan umum zang sangat mengesankan. Bagi saya, inilah pertama kali pernah pijakan kaki di kantor DPRD Kota Sibolga, dan posisi saya langsung sebagai Wakil Walikota pula. Dan sekalipun hanya satu jam kami simulasi di kantor terpandang itu, saya sangat bersyukur dan berterima kasih. Mudah-mudahan bila kelak saya telah berhasil, bisa duduk lagi di kursi itu karena menurut saya enak duduk di kursi itu, tidak seperti kursi atau sofa yang ada di rumah... nyaman lho...“

Kita mengucapkan selamat kepada Evelyn, dan semua Anggota Paskibra Barisan-45 Kota Sibolga Tahun 2009. Selamat dan sukses!

Laporan:Elinus Waruwu.
Guru SD Swasta RK 4 Sibolga*
This entry was posted on Senin, Agustus 24, 2009 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: