Author: Unknown
•Rabu, Mei 23, 2012
KATEDRAL SANTA THERESIA SIBOLGA JUARA I

Pada lomba Cerdas Tangkas Alkitab (CTA) 19 Mei 2012 se-Dekanat Tapanuli yang diselenggarakan pukul 16.00-18.30 WIB di gedung GOR Pandan, Katedral Santa Theresia Sibolga meraih juara I dengan nilai tertinggi. Perlombaan CTA itu disaksikan tidak kurang dari 500 OMK yang mewakili 7 paroki yakni Tumbajae, Pangaribuan, Tarutungbolak, Katedral Sibolga, Santu Yosef Pandan, Pinangsori, dan Padangsidimpuan. Kegiatan lomba CTA itu sebagai rangkaian dalam rangka pesta Paskah umat katolik se-Dekanat Tapanuli yang dipusatkan di ibukota Pandan kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Peserta rata-rata dari Orang Muda Katolik berusia 16 – 24 tahun, dan materi lomba yang dipertanyakan seputar Injil Matius, Lukas, Markus, dan Johanes. Ditambah pengetahuan umum dari Renstra Sinode I Keuskupan Sibolga.

Peserta dari Katedral yang meraih Juara I CTA itu diwakili tiga orang peserta OMK yakni Elisabeth Elinawati Waruwu, Lidvin Halawa, dan Ester Elinawati Waruwu. Pada putaran pertama di mana masing-masing peserta dari regu A sampai G ditanyakan 10 soal sesuai amplop undian yang dipilih sendiri oleh ketua regu masing-masing. Dari tahap pertama tampak regu OMK Katedral Santa Theresia Sibolga memperoleh nilai angka tertinggi 970 dibanding dengan 6 peserta Paroki lainnya. Dan begitu serunya lomba CTA itu terjadi, karena tahap kedua hanya 10 soal rebutan dilemparkan kepada para peserta, yang apabila benar ditambah nilainya 100 dan kalau salah dikurangi 100. Pada babak rebutan Katedral Santa Theresia Sibolga berhasil dan mampu menekan tombol lebih cepat sebanyak dua kali sehingga menambah perolehan nilai 200 dengan total nilai keseluruhan 1.170. Sementara peserta lain ada yang nilainua bertambah dan tiga pertanyaan tidak bisa dijawab menyebabkan terjadi pengurangan nilai beberapa regu peserta lomba.
Sering terdengar teriakan-teriakan penonton tetapi dalam kedaan dan situasi yang masih wajar untuk mendukung kontingen regu dari Parokinya masing-masing. Hasil akhir dari lomba CTA itu, juara I Paroki Katedral Santa Theresia Sibolga, menyusul juara II diraih oleh Paroki Pinangsori dengan nilai 915. Kemudian, Juara III dari Paroki Tarutungbolak nilai 800, juara IV diraih oleh tuan rumah Paroki Santo Yosef Pandan nilai 650, Juara V dari Paroki Padangsidimpuan nilai 500, juara VI Paroki Pangaribuan nilai 380, dan terakhir juara VII Paroki Tumbajae.
Ada empat orang Dewan Juri dalam lomba CTA itu terdiri dari guru agama katolik. Topot Limbong guru agama dari SMA Katolik, Semeon Simanullang S Ag guru agama dari SD RK 3 dan 4 Sibolga, Hotmarolop Sihotang guru agama di SD Santa Melania, Ibu Luahambowo guru agama di SMP Santa Melania, dan Dita Sitinjak dari SD Negeri Pintuangin Sibolga. Berdasarkan hasil lomba CTA itu telah menambah keberuntungan bagi Katedral Santa Theresia Sibolga dan memberi kepuasan kepada seluruh peserta karena semua meraih juara sepuluh besar yaitu rangking 1 sampai 7.  Mudah-mudahan dengan perlombaan CTA seperti itu, OMK menambah wawasan pengetahuan keagamaan dan semakin memahami hasil Sinode I Keuskupan Sibolga.  Proviciat ! ***
|
This entry was posted on Rabu, Mei 23, 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: