Author: Elinus Waruwu
•Minggu, April 20, 2008
Baru-baru ini, 18 April 2008 sebanyak 6 orang siswi SMA Katolik Sibolga ditugaskan oleh gurunya dari sekolah. Keenam siswi ini mempraktekan bagaimana menjadi seorang kuli tinta alias wartawan. Dan tidak tanggung-tanggung, mereka membawa satu tape recorder untuk merekam jawaban narasumber. Keenam kuli tinta ini memilih Elinus Waruwu (penulis berita liputan) sebagai narasumber, yang tinggal di jalan Barus Km 2,4 Nomor 153 Desa Mela I Kota Sibolga. Sekitar pukul 12.30 Wib mereka ini sudah menunggu di rumah dan menantikan narasumber datang dari sekolah.

Pada mulanya, mereka tampil agak malu-malu, dan setelah satu orang memberitahu tujuan kedatangan dan bertanya apakah boleh mewawancarai, akhirnya kelihatan wajah cerah karena ada lampu hijau tanda boleh. Langkah menarik, bahwa mereka memperkenalkan diri satu per satu, kemudian sudah menyiapkan tape recorder mini, dan masing-masing telah menyiapkan daftar pertanyaan dan catatan jawaban-jawaban narasumber. Yah, kelihatan mereka sangat serius, dan sepertinya berbakat menjadi kuli tinta.
Banyak pertanyaan yang mereka lontarkan, antara lain bagaimana cara-cara belajar yang baik ? Apa yang harus dilakukan oleh para pelajar agar bisa berhasil ? Apa saja sikap guru yang baik sekarang ini ? Apa yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar ? dan lain sebagainya.

Bagi narasumber sendiri, tugas seperti ini perlu diberikan sebagai awal menjadi penulis pemula. Bila latihan mewawancarai seperti ini dilakukan secara rutin, dan kemudian dituangkan dalam tulisan entah itu laporan, kemungkinan besar siswa-i kita akan berkembang dan pelan-pelan menjadi penulis yang handal di kemudian hari. Bagus dan selamat ! Bila ada lagi yang mencoba untuk menulis, usahakan gunakan rumus 5 W + 1 H, kemudian ikuti jawaban-jawaban Narasumber, dan mana konsep Narasumber yang tidak mengerti atau perlu ditanyakan, itulah yang kita kejar dengan pertanyaan. Singkatnya, perlu pertanyaan panduan yang sudah disiapakn, dan lebih penting lagi pertanyaan memburu informasi ketika sedang wawancara.

Senang bertemu dengan penulis pemula, kita semua sama-sama belajar. Long Life Education. Thank you ! See you again. Liputan : Elinus Waruwu.(Erw).

This entry was posted on Minggu, April 20, 2008 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: