Author: Elinus Waruwu
•Rabu, Agustus 13, 2008
Nama baik sekolah SD Swasta RK No.4 Sibolga kembali harum lagi. Pada perlombaan Paduan Suara Tingkat SD/MI se-Kota Sibolga yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Sibolga, 13 Agustus 2008 di lapangan Simaremare Sibolga, SD yang satu ini mengukuhkan diri sebagai Pemenang Juara I. Dari 60 sekolah tingkat SD/MI yang ada di Kota Sibolga, tidaklah berlebihan SD yang berstatus swasta ini menduduki peringkat paling atas. Dan ini meruapakan kebanggan pihak sekolah. Kepala Sekolah Sr. Elisyeba Karokaro, S.Pd. yang baru memimpin sekolah SD Swasta RK No.4 Sibolga sejak Juli 2008 merasa bangga atas prestasi yang telah diraih. Luapan kegembiraan itu juga terungkap oleh Ibu Marta Marbun, S.Pd. selaku guru pembimbing yang telah berusaha melatih serius peserta didik selama 2 bulan saja. Lagu mars perlombaan utama berjudul Sibolga Nauli, dan lagu pilihan Bagimu Negeri membawa kebahagiaan bagi segenap warga sekolah itu.
Ester Elinawati Waruwu siswi yang dipercaya pihak sekolah menjadi dirigen pada Lomba Paduan Suara 2008, dan peserta didik yang masih duduk di bangku kelas IV tahun pelajaran 2008/2009 terlihat sangat gembira telah membawa nama baik sekolah mereka. Peserta Paduan suara yang kebanyakan dari peserta didik kelas VI itu begitu diumumkan kejuaraan setelah perlombaan, mereka langsung meloncat-loncat kegirangan. Betapa tidak, karena selama ini banyak waktu belajar digunakan untuk latihan demi meraih prestasi itu.  Sebelum meraih yang terbaik, sekitar jam 09.00 wib pagi, usai latihan peserta didik itu diminta oleh guru pembimbingnya untuk pulang  makan ke rumah dengan catatan sudah harus sampai ke sekolah atau kembali sebelum jam 12.00 wib. Keseriusan mereka latihan akhirnya membuahkan hasil yang terbaik, sekalipun di antara teman-teman ada yang mengakui belum sempat makan di rumah lagi, ini akibat pengaruh pikiran dan hati sudah melayang-layang seperti di awan-awan, mereka ingin juara dan juara. Ester sendiri yang ditemani orangtuanya mengikuti perlombaan itu terpaksa terburu-buru mengejar ke sekolah karena anak itu belum sempat makan. Di sela-sela latihan terakhir, Ibu dari peserta didik itu menarik anaknya ke sudut kantin dari kerumunan teman-teman lalu menyuapi dengan tergesa-gesa.
Sr. Elisyeba selaku Kepala Sekolah memberangkatkan kelompok Paduan Suara mewakili sekolah dengan berdoa bersama di halaman sekolah agar mendapat pertolongan dan rahmat Tuhan. Memang sudah terlihat bagus pada saat latihan terakhir, sehingga banyak guru-guru di SD Swasta RK No.4 Sibolga memprediksi akan meraih yang terbaik. Bahkan Wali Kelas VI ketika memberi pengarahan kepada kelompok Paduan Suara itu memiliki target minimal yaitu Juara II. Ternyata dari target itu benar, bahkan tidak hanya posisi kedua dapat direbut, melainkan langsung posisi terbaik.
Tahun 2008 ini SD Katolik yang berlebel nomor 4 Sibolga itu, banyak memperoleh keberuntungan yang penuh perjuangan. Pada lomba Kreatifitas Cipta dan Baca Puisi beberapa waktu yang lalu atas nama Sartika Wahyuni Samosir (sekarang kelas VI) meraih Juara I tingkat Kota Sibolga dan Juara Harapan III tingkat Provinsi. Sementara itu, di Vokal Solo juga meraih Juara II di tingkat Kota Sibolga, dan Juara III lomba Olimpiade MIPA khususnya bidang studi IPA masing-masing atas nama peserta didik yang sama mewakili sekolah yaitu Sartika Wahyuni Samosir.
Bila mengenang masa lalu lagi, SD Swasta RK No.4 Sibolga itu telah didahului dengan prestasi guru-guru. Tahun 2003 Guru SD Swasta RK No.4 Sibolga itu atas nama Lemeri Sinaga di Tingkat Provinsi meraih Juara III pada Diklat Sistem Evaluasi Terstandar. Dan Elinus Waruwu meraih Juara I pada Diklat Guru SD/SDLB Pendidikan Budi Pekerti se-Sumatera Utara yang diselenggarakan dari tanggal 14 – 23 September 2003 di LPMP Medan. Dan hasil Diklat Budi Pekerti itu ketika dipidatokan kembali pada lomba Pidato Antar OKP dan SMU dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-75 tahun 2003, di hadapan generasi muda se-Kota Sibolga dengan hasil yang sama yaitu meraih Juara I. Selanjutnya tahun 2005 Guru SD Swasta RK 4 Sibolga atas nama Baya Sitanggang, S.Pd. meraih Juara I Guru Berprestasi se-Kota Sibolga. Kemudian, hanya berselang dua tahun yaitu tahun 2007 kembali SD Swasta RK No.4 Sibolga meraih Juara I Guru Berprestasi se-Kota Sibolga atas nama Elinus Waruwu.
Tidaklah terlalu mengherankan prestasi-prestasi itu semua mengantarkan SD Swasta RK No.4 Sibolga mendapat pengakuan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional dari Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan Kota Sibolga dengan Nilai Akreditasi A (Amat Baik). Sertifikat Akreditasi Sekolah yang diterima terakhir oleh pihak sekolah berlaku untuk jangka waktu 4 (empat) tahun terhitung sejak 22 Nopember 2006 yang lalu. Keberhasilan dalam meraih prestasi di bidang pendidikan, sejak berdirinya SD Swasta RK No.4 Sibolga tahun 1989 yaitu telah banyak membawa nama baik sekolah, Yayasan Santa Maria Berbelaskasih, dan Kota Sibolga di Tingkat Provinsi. Pertanyaan sekarang, kapan nama Kota Sibolga akan berbicara di Tingkat Nasional melalui SD Swasta RK No.4 Sibolga? Sepertinya masih dalam perjuangan. Tetapi Kepala Sekolah dan Guru-guru SD yang satu ini punya tekad kebersamaan akan meraih Juara di Tingkat Nasional untuk masa-masa yang akan datang. Semoga ! * (ELINUS WARUWU).
This entry was posted on Rabu, Agustus 13, 2008 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: