Author: Elinus Waruwu
•Rabu, Agustus 19, 2009
Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-64 di SMK PGRI 4 Sibolga telah diadakan berbagai lomba. Ada lomba tarik tambang, memasukan paku ke botol, dan berbagai lomba lainnya. Salah satu yang menarik adalah lomba kreativitas mengarang yang dikoordinir oleh Delima Parhusip guru SMK PGRI 4 Sibolga dan Elinus Waruwu mahasiswa STKIP Tapanuli Selatan yang bertugas menjalankan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Menurut Delima Parhusip, lomba kreativitas mengarang yang diadakan oleh pihak sekolahnya merupakan salah satu upaya meningkatkan dan menanamkan kompetensi di bidang pendidikan, perjuangan, dan peranan generasi muda dalam hal pembangunan. Perlombaan kreativitas mengarang seperti telah terlaksana di SMK PGRI 4 Sibolga menekankan 4 poin penilaian, yaitu (1).kesesuaian judul dan alur cerita, (2).ejaan (EYD), (3).kerapian dari segi indahnya karangan, dan (4).ide gagasan baru yang dimunculkan oleh peserta lomba pada tulisan hasil karangannya.

Ibu Delima Parhusip menambahkan, bahwa lomba yang diadakan itu sesungguhnya dapat dijadikan bahan masukan umpan balik, sudah sejauh mana tingkat kompetensi yang telah dimiliki oleh siswa-siswi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dan ternyata, dari 28 orang siswa kelas X, XI, dan XII yang turut mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan, para siswa mengakui dan merasakan lomba kreativitas itu sangat mengesankan. Ibu Delima berkata,”Saya melihat banyak sekali yang berminat mengikuti lomba kreativitas mengarang ini. Sayang dibatasi hanya 2 orang mewakili setiap kelas. Beberapa peserta masih mengalami kesulitan khususnza siswa yang kurang rajin belajar. Dari beberapa hasil lomba mengarang ada temuan yaitu munculnza beberapa karangan siswa tidak nyambung dengan tema, dan ada yang tidak sesuai alur cerita, bahkan ada yang sama sekali ide gagasan baru yang kita harapkan itu belum muncul...”

Akhirnya, lomba kreativitas mengarang tingkat sekolah di SMK PGRI 4 Sibolga tahun 2009, Dewan Juri menetapkan: Juara I atas nama Sri Wahyuni kelas XII TKJ dengan nilai rata-rata 85,50. Dan berturut-turut Juara II Leonardo kelas XII TKJ nilai 80,50 dan Juara III Metty Kusriani Harefa kelas XI AP 2 nilai 78,50 serta Juara Harapan I atas nama Yenni Kartika XI AP 1 nilai 78,00. Mereka yang memenangkan lomba kreativitas masing-masing mendapat penghargaan berupa sertifikat dan hadiah hiburan lainnya. Selamat ya!

Penulis berita: Elinus Waruwu
Mahasiswa STKIP Tapsel Padangsidimpuan NPM 05010037.

This entry was posted on Rabu, Agustus 19, 2009 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: